Bupati Bantaeng Resmikan Lima Unit IPAL dan 200 Jamban Individu

Bupati Bantaeng Resmikan Lima Unit IPAL dan 200 Jamban Individu

BANTAENG - Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Dinas Pekerjaan umum dan penataan ruang telah menyelesaikan 200 unit jamban individual dan 5 unit IPAL sepanjang 2020. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bantaeng, Sjarifuddin Magau mengatakan, program SLBM sudah berlangsung mulai 2010 sampai sekarang. Terdapat 32 titik yang di bangun di dua desa dan enam kelurahan sepanjang 2020. Dari 32 titik itu, ada 200 titik jamban individual dan lima unit IPAL.

"Semua kegiatan ini dilaksanakan oleh masyarakat, semoga dapat bermanfaat, " Urainya.

Hal itu terungkap dalam Uji Fungsi dan Serah Terima kegiatan pembangunan IPAL Komunal dan Septik Individual Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) Tahun Anggaran 2020 di Kelurahan Malilingi, Kecamatan Bantaeng, Senin (25/1). Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin hadir dalam kegiatan itu. 

Lurah Malilingi, Ridwan melaporkan di wilayah yang dia pimpin terdapat 8 RW dan 26 RT. Kelurahan Malilingi memiliki jumlah penduduk kurang lebih 5000 jiwa. 

"Pada tahun 2020 telah terealisasi empat IPAL Komunal. Kami harapkan di tahun 2021 bertambah lagi IPAL Komunal. Hal ini kami sangat harapkan karena kelurahan Malilingi masih dalam kategori kumuh, " kata Ridwan.

Dia juga mengapresiasi program tersebut karena dianggap sangat menyentuh masyarakat. Dia mengharapkan agar pemerintah Kabupaten mengakselerasi pembangunan di Kelurahan dan Desa kedepannya. Khususnya di Kelurahan Malilingi.

"Kedepan kami harapkan lebih mengakselerasi pembangunan di wilayah kelurahan dan desa. IPAL Komunal dan Septick Individual cukup luar biasa dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat, " Jelasnya.

Kegiatan itu kata Ridwan sangat bermanfaat karena melibatkan masyarakat setempat melalui Kelompok Swadawa Masyarakat (KSM).

Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengawali sambutannya menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk ikut berperan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kami membutuhkan perhatian dan kesadaran kita semua agar daerah yang kita cintai ini dapat terhindar dari peningkatan penularan Covid-19. Alhamdulillah, angka kesembuhan Covid-19 di Bantaeng termasuk menggembirakan dan termasuk yang tertinggi di Sulawesi Selatan, " kata Bupati bergelar doktor ilmu pemerintahan itu.

Ilham Syah Azikin mengatakan, peningkatan derajat sanitasi akan menjadi bagian dari upaya - upaya agar kondisi kesehatan masyarakat menjadi landasan untuk melakukan aktivitas secara produktif.

"IPAL Komunal dan jamban Individual diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Mauranya adalah terjadinya kualitas hidup sehingga kita dapat melakukan hal produktif, " kata Purna Praja itu.

Kegiatan itu kata dia, betul - betul dapat dirasakan oleh masyarakat. Mulai dari perencanaan, pengerjaan dan asas manfaat dapat dirasakan masyarakat.

"Kita mengharapkan teman - teman fasilitator, RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, pak lurah dan seluruh masyarakat untuk mengawasi dan menjaga pemanfaatan IPAL Komunal dan Septick Individual, " kata dia.(*)

Bantaeng
Jannah

Jannah

Previous Article

Bupati Bantaeng Buka Mubes HPMB

Next Article

Mubes HPMB ke-XV di Bantaeng, Mabrur,S.ip...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 272

Postingan Tahun ini: 1304

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 235

Postingan Tahun ini: 1355

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 157

Postingan Tahun ini: 780

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 155

Postingan Tahun ini: 271

Registered: Apr 16, 2021

Profle

Widian.

Diduga Sebut Yorri Bukan Orang Toraja, Dakka: Apakah Tidak Ada Bahasa yang Santun
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda

Follow Us

Recommended Posts

Penyidik Kejagung RI Periksa 2 Mantan Pejabat PT. AMU Sebagai Saksi Dugaan Korupsi
Kejaksaan Agung RI Berhasil Memulangkan DPO Terpidana Adelin Lis
Adelin Lis Ditangkap, Ini Pendapat Ketua Asosiasi Ilmuan Praktisi Hukum Indonesia
Terkait Adelin Lis, Ini Pendapat Guru Besar Hukum Internasional  Universitas Indonesia
Dugaan Korupsi pada PT.ASABRI,  Kejagung RI Kembali Periksa 4 Saksi